Singkatan Gabut di WA dan Apa Artinya?

arti gabut di wa

Istilah Gabut di WA pasti kamu pernah denger kan? Entah diucapkan temen-temen atau malah kamu yang ngomong. Bahkan, di dunia maya, kata ini sering banget terdengar. Nah, buat kamu yang belum tau artinya, jangan khawatir ya, kali ini kita akan bahas tentang “gabut” dengan bahasa kekinian.

Awalnya, kamu pasti bakal bingung dan akhirnya cari tahu di internet atau tanya orang yang udah sering ngomongin kata ini. Selain istilah gabut di WA, sebenarnya masih singkatan yang biasa kamu temukan di WhatsApp, seperti TC dan Gamon misalnya.

Arti Kata Gabut

Kata gabut awalnya merupakan singkatan dari kata “gaji buta”, yang artinya adalah orang yang malas bekerja dan hanya bekerja setengah-setengah tetapi tetap menerima gaji. Singkatan gaji buta mulai dikenal pada tahun 2011 dan pada tahun 2014, kata gabut menjadi lebih trendi dan mulai digunakan dalam bahasa gaul sehari-hari.

Sekarang, kata gabut dalam bahasa gaul yang sedang tren artinya adalah perasaan bosan. Yap, gabut ini digunakan untuk menyatakan kebosanan seseorang karena tidak ada kegiatan atau mungkin karena sedang bosan dengan keadaan yang sedang dialaminya. Padahal, gabut awalnya merupakan singkatan dari “gaji buta” lho. Jadi, darimana asal-usulnya? Yuk, kita simak penjelasannya!

Singkatan Gabut di WA

Sekarang, kata gabut tidak hanya memiliki arti yang satu saja. Bahkan, terdapat beberapa singkatan yang artinya berbeda-beda. Nah, berikut adalah beberapa singkatan gabut yang sering digunakan:

Baca Juga:   Cara Membuat Pengumuman di Grup Whatsapp Beserta Contohnya

1. Gabut (ungkapan tanda malas atau tidak ada kegiatan)

Arti gabut yang satu ini mungkin yang paling sering kita dengar. Yap, gabut di sini berarti seseorang sedang tidak melakukan kegiatan apa-apa alias nganggur, sehingga membuatnya merasa bosan dan bingung harus melakukan apa. Terkadang, perasaan gabut ini bisa membuat kita bad mood.

2. Gabut (singkatan Gaji Buta)

Sebenarnya, gabut merupakan singkatan dari “gaji buta”. Singkatan ini digunakan untuk mengekspresikan kekesalan seseorang terhadap seorang pekerja yang malas-malasan dan tidak serius dalam bekerja, tapi tetap dapat gaji secara rutin.

3. Gabut (singkatan Belaga Buta)

Singkatan gabut yang satu ini berarti sikap seseorang yang tidak peduli alias acuh tak acuh terhadap sesuatu atau seseorang. Biasanya, orang yang mengalami gabut seperti ini akan pura-pura tidak melihat orang lain dan cenderung apatis terhadap lingkungan sosialnya.

4. Gabut (bermakna enggak butuh)

Nah, gabut dengan arti tidak butuh ini cukup jarang digunakan. Gabut di sini berarti ungkapan rasa tidak membutuhkan sesuatu atau seseorang.

Arti Gabut Ga danta

Selain empat singkatan gabut di atas, ada juga gabut ga danta yang berasal dari bahasa Batak. Gabut ga danta artinya adalah tidak memiliki pekerjaan atau sedang menganggur. Meskipun gabut ga danta berasal dari bahasa Batak, namun kini telah banyak digunakan di kalangan masyarakat Indonesia.

Contoh Penggunaan Kata Gabut di WA

Kita sering merasa gabut saat sedang berada di rumah atau dalam situasi tertentu yang membuat kita tidak sibuk. Beberapa contoh penggunaan kata gabut di WA adalah sebagai berikut:

Contoh Gabut (Gaji Buta) “Kenapa sih kamu bisa jadi gabut seperti ini? Kamu tetap menerima gaji setiap bulan tapi pekerjaanmu terlihat setengah-setengah saja.”

Baca Juga:   Feed Instagram Adalah

Contoh Gabut (Belaga Buta) “Aku udah bilangin padamu kalau aku nggak suka makanan itu, tapi kamu gabut banget ya sampe-sampe nggak dengerin permintaanku.”

Contoh Gabut (Enggak Butuh) “Aku udah beli hadiah buat kamu, tapi ternyata kamu udah beli sendiri. Ya udah, nggak apa-apa, aku gabut juga sih sebenarnya.”

Contoh Gabut (Gabut Ga Danta) “Saat ini aku sedang gabut ga danta karena pandemi ini membuat sulit mencari pekerjaan baru. Aku terus mencari lowongan pekerjaan yang sesuai dengan kemampuan dan minatku.”

Contoh Lain Penggunaan Gabut di WA

“Hari ini gue lagi gabut banget, nggak tahu mau ngapain. Mungkin harus cari hiburan buat ngisi waktu luang nih.”

“Kalau kamu lagi gabut, coba deh main game atau nonton film. Atau kalau mau yang lebih produktif, bisa juga belajar atau membaca buku.”

“Bosen banget di rumah, rasanya lagi gabut terus. Mau jalan-jalan tapi belum bisa karena pandemi.”

“Saat ini banyak orang merasa gabut karena banyak kegiatan yang dibatasi akibat pandemi. Tapi tetap ada banyak cara untuk mengisi waktu luang dengan hal yang bermanfaat.”

Jadi, ketika kamu merasa gabut, jangan biarkan diri kamu terus-terusan merasa bosan. Cobalah mencari hiburan atau kegiatan yang bermanfaat untuk mengisi waktu luang kamu. Semoga beberapa contoh penggunaan kata gabut di atas dapat membantu kamu dalam memahami makna dari kata ini dan menginspirasi kamu dalam mencari kegiatan yang menyenangkan.

You May Also Like