Apakah Smartphone Anda Sering Panas? Inilah 6 Penyebab dan Solusi Nya

By | November 19, 2021
Smartphone Sering Panas

Smartphone Sering Panas – Setiap orang pasti tidak akan luput dengan smartphone, terkadang smartphone yang dipakai itu sering panas.

Pastinya ada beberapa faktor yang membuat smartphone tersebut menjadi panas, baik permasalahan hardware, suhu ruangan, dan tak luput dari terlalu lama bermain game maupun streaming.

Saat smartphone sering panas pasti kita akan merasa terganggu, karena dampak langsungnya seperti tangan kita akan berasa panas, bahkan smartphone tersebut cepat habis batery nya.

Terlebih smartphone sering panas, maka performa pada smartphone akan menurun karena hardware sudah mencapai batasnya.

Maka dari itu permaslaahan smartphone sering panas ini tidak perlu kita anggap biasa karena bisa membuat batery nya cepat habis bahkan bisa juga membuat overheat dan tidak bisa digunakan lagi.

Untuk menghindari permaslaahan diatas untuk perlu kita ketahui penyebab smartphone sering panas dan bagaimana solusinya agar smartphone kita bisa awet dalam pemakaian.

Penyebab Smartphone sering panas dan bagaimana solusinya

Ada beberapa penyebab membuat smartphone sering panas antara lain :

1. Penggunaan Smartphone yang Berlebihan

Penggunaan smartphone yang belebihan setiap saat seperti chatting, browsing , streaming, nonton film, bahkan samapai bermain game baik offline maupun online dalam waktu yang lama dapat membuat Smartphone sering panas.

Hal ini disebabakan karena ada beberapa komponen khususnya seperti prosesor harus bekerja sangat ekstradalam  menjalankan perangkat smartphone. Dikarenakan prosesor itu membutuhkan daya dari battery, maka battery mengalami kenaikan suhu.

Solusi :

Silahkan Gunakan smartphone sewajarnya. Jangan gunakan smartphone apabila case nya sudah terasa tidak wajar seperti panas maka silahkan kurangilah dalam penggunaannya. Penggunaan smartphone yang berlebihan dapat menyebabkan umur smartphone semakin pendek.

Baca Juga:   Cara Cek Bad Sector Hardisk atau rusak dengan Hiren's BootCD

2. Kondisi ruangan sekitar

Jika kita berada di tempat yang panas, maka  secara otomatis smartphone akan memiliki suhu panas yang sama dengan ruangan. Karena prosesor dari smartphone akan panas juga bahkan bisa membuat overheat.

Solusi : 

Gunakanlah  smartphone pada ruangan yang bersuhu ruangan yang sejuk.

3. Aplikasi di Latar Belakang 

Ada bebrapa Aplikasi yang sudah kita hentikan biasanya masih berjalan di Latar belakang. Apalagi Aplikasi tersebut masih menggunakan  memori RAM dan prosesor untuk menjalankannya.

Apabila masih banyak aplikasi di background smartphone masih berjalan, hal ini akan memaksa kinerja prosesor. Prosesor akan menguras daya baterai dan ujung – ujungnya baterai panas.

Solusi : 

Silahkan hapus aplikasi yang berjalan di latar belakang dengan tekan tombol Home selama dua detik, atau tekan tombol ikon bergaris tiga pada ponsel lalu hapus aplikasi yang berjalan.

4. Spesifikasi smartphone 

Banyak Smartphone yang memiliki prosesor berclockspeed besar, jumlah core/inti banyak sehingga memiliki performa bermultitasking yang tinggi, Hal yang seperti ini pun berimbas terhadap battery nya dan bisa membuat cepat panas

Solusi :

Jika smartphone sudah terasa panas, maka istirahatkan smartphone. Selain itu, gunakan aplikasi pihak ketiga pendingin smartphone yang dapat kita download pada play store.

5. Susah Sinyal

Secara otomatis, smartphone sudah berada dalam keadaan untuk selalu mencari jaringan telepon meskipun dalam keadaan susah menemukan sinyal telepon. Permaslaahan susah sinyal ini sering kita alami dalam perjalanan dalam mobil atau smartphone yang berada dalam tas

Ketika kita memaksakan untuk menggunakan sinyal telepon terutama menggunakan data seluler, maka smartphone akan menjadi cepat panas dikarenakan hardware pencari jaringan telepon terus-menerus dipaksa bekerja meskipun dalam keadaan yang susah sinyal.

Solusi :
Gunakan fitur ‘Mode Penerbangan’  atau Airplane Mode ketika smartphone berada di kondisi susah sinyal . Atau jika ingin lebih berhemat baterai, matikan smartphone.

6. Menggunakan saat Pengisian Daya

smartphone saat dicharge, atau kita menggunakan pada saat bersamaan dengan pengisian daya menjadi tidak efisien. Hal ini disebabkan Daya listrik yang masuk ke baterai langsung digunakan saat itu juga.

Baca Juga:   Cara Membuka Smartphone Android Yang Terkunci

Apabila terus menerus menggunakan seperti ini akan berdampak buruk pada kesehatan baterai dan perangkat kita. Smartphone akan menjadi lebih panas dari biasanya dikarenakan baterai digunakan untuk 2 kegiatan yang bersamaan, yang mengakibatkan hp panas saat dicas.

Solusi :

Silahkan Charge baterai pada kondisi airplane mode / mati.  Jangan gunakan smartphone saat dicas agar pengisian daya baterai HP menjadi lebih optimal.

Itulah Penyebab dan solusi yang dapat tuan tekno sampaikan semoga berhasil yaaaa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *