Bingung Cari Serial Number Pengisian Pulsa? Ini Dia Cara Mudahnya!

serial number pengisian pulsa

Bagi sebagian orang, mungkin mengetahui Serial Number Pengisian Pulsa ini sudah menjadi hal yang biasa. Namun, bagi yang masih awam, mungkin akan sedikit bingung.

Oleh karena itu, kami akan memberikan panduan lengkap untuk memudahkan kalian dalam mengetahui SN pengisian pulsa. Yuk, simak artikel ini sampai selesai!

Apa Itu Serial Number Pulsa?

Serial Number atau SN Pulsa adalah sebuah kode unik yang berfungsi sebagai notifikasi verifikasi dari pengisian pulsa. Kode ini berbeda-beda tergantung dari informasi tanggal transaksi, kode operator, dan ID penjual pulsa.

Namun, semua operator sudah mendukung adanya serial number ketika penggunanya melakukan pengisian pulsa.

Serial Number ini sangat penting karena sebagai pemberitahuan bahwa proses pengisian pulsa ke suatu nomor telah sukses. Selain itu, SN juga dapat digunakan untuk melihat informasi transaksi seperti waktu dan tanggal pembelian pulsa.

Khusus untuk penjual, mereka akan langsung memperoleh pesan informasi mengenai sisa saldo yang dimiliki serta yang digunakan.

Sedangkan untuk pembeli, serial number ini dapat digunakan untuk melakukan pengecekan ulang dengan memberikan serial number pulsa yang telah didapatkan.

Fungsi Serial Number Pengisian Pulsa

Serial number dikirim secara otomatis oleh sistem operator yang digunakan saat pengisian pulsa. Ada beberapa fungsi dari serial number pulsa ini, di antaranya:

  1. Sebagai notifikasi suksesnya pengisian pulsa ke suatu nomor. Serial number akan menjadi penanda kalau pengisian sukses. Karena kalau pengguna tidak dapat SN, menandakan kalau proses pengisian belum selesai.
  2. Bisa dipakai untuk melihat informasi transaksi, seperti waktu dan tanggal pembelian. Karena pada serial number, akan tersedia juga data-data terkait pengisian pulsa. Di antaranya adalah waktu dan tanggal pengisian.
  3. Untuk penjual, biasanya akan langsung mendapatkan juga pesan informasi saldo yang masih dimiliki. Sebagian penjual pulsa, harus mengisi saldo terlebih dulu untuk bisa mengisi pulsa ke operator. Selain SN umumnya akan tersedia informasi sisa saldo pulsa juga.
  4. Untuk pembeli, bisa melakukan pengecekan ulang dengan memberikan serial number yang didapat. Jika pengisian pulsa masih belum masuk, pengecekan bisa dilakukan dengan cara memberikan serial number (sebagai bukti pembelian).

Cara Mengetahui SN (Serial Number) Pengisian Pulsa

Untuk melihat SN (Serial Number) pulsa baik dari pembeli maupun penjual, ada beberapa cara yang bisa dilakukan. Pertama, jika pulsa dibeli dari penjual yang sudah terdaftar di agen, biasanya penjual akan menerima SN melalui SMS. Namun, jika pulsa dibeli melalui marketplace atau aplikasi tertentu, SN yang didapatkan akan berbeda-beda karena ID agennya tidak sama.

Baca Juga:   Sangat Mudah Beginlah Cara Daftar Npwp Online Gratis

Cara Mengetahui SN Pulsa Bagi Pembeli

Bagi para pembeli, serial number merupakan tanda bahwa pulsa telah berhasil dimasukkan dan siap digunakan untuk berbagai keperluan, seperti membeli paket data, melakukan panggilan, atau bahkan membayar layanan Google Play.

Contoh SN Pulsa Telkomsel
Contoh SN Pulsa Telkomsel

Serial number ini dikirimkan bersama dengan sejumlah data lainnya, seperti jumlah pulsa yang dibeli, serta waktu dan tanggal terjadinya transaksi. Umumnya, serial number terdiri dari 12-16 digit angka, bahkan bisa lebih, dan dikirimkan langsung oleh operator. Untuk penjualan langsung, begini cara melihatnya:

  • Pertama, setelah melakukan pengisian pulsa, buka aplikasi pesan dan periksa pesan yang masuk.
  • Pesan berisi kode serial number akan dikirimkan oleh operator tidak lama setelah pengisian pulsa.
  • Jika SMS yang masuk cukup banyak, bisa menggunakan fitur pencarian dengan mengetikkan kata SN pada bar pencarian.
  • Selanjutnya, akan muncul pesan-pesan yang terdapat kata SN di dalamnya.
  • Pilih pesan dengan tanggal dan waktu pengiriman tidak jauh dari waktu transaksi.
  • Terkadang, pengiriman SMS mengalami keterlambatan. Tunggu selama 10-15 menit serta lakukan pengecekan jumlah pulsa untuk memastikan apakah pulsa yang dibeli sudah masuk.
  • Jika SMS dan pulsa tidak kunjung masuk, segera konfirmasi ke agen penjualan pulsa.
Contoh SN Pulsa Shopee
Contoh SN Pulsa Shopee

Jika transaksi dilakukan melalui marketplace, kode transaksi yang diperoleh disebut dengan Transaction ID (TID). Untuk mengecek TID, selain melalui SMS yang masuk, juga bisa dilihat melalui riwayat transaksi di marketplace contohnya shopee.

  • Buka aplikasi Shopee, kemudian pada halaman beranda pilih ikon Saya pada bagian pojok kanan bawah.
  • Pilih menu Pulsa, tagihan & tiket, kemudian akan muncul halaman Pesanan saya.
  • Pilih Selesai dan klik transaksi pembelian pulsa yang telah dilakukan.
  • Selanjutnya, akan muncul halaman Rincian pesanan yang berisi informasi mengenai nomor ponsel yang diisi pulsa, jumlah pengisian pulsa, dan waktu pemesanan.
  • Transaction ID bisa dilihat pada bagian Nomor serial.

Cara Mengecek SN Pulsa Untuk Penjual

Berikut adalah langkah-langkah untuk mengecek nomor seri (SN) pulsa bagi penjual. Langkah-langkah ini tidak jauh berbeda dengan cara yang digunakan oleh pembeli.

Pastikan untuk memeriksa notifikasi SMS yang masuk dalam jangka waktu yang singkat setelah pengiriman pulsa. Perlu diingat bahwa setiap transaksi akan memiliki nomor seri yang berbeda. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  • Periksa notifikasi status transaksi yang muncul di layar setelah melakukan pengiriman pulsa.
  • Jika tidak ada notifikasi yang muncul, buka aplikasi pesan dan periksa pesan yang masuk.
  • Biasanya, nomor seri dikirim bersama informasi mengenai jumlah saldo yang masih tersisa dan yang sudah digunakan.

Kenapa Orang Beli Pulsa Minta Kode SN?

Orang meminta kode Serial Number (SN) saat membeli pulsa karena alasan berikut:

  1. Verifikasi Transaksi: Kode SN Pulsa digunakan sebagai bukti verifikasi bahwa transaksi pengisian pulsa telah berhasil. Dengan memasukkan kode SN yang diberikan, pembeli dapat memastikan bahwa pulsa telah terisi ke nomor yang dimaksud.
  2. Keamanan dan Keaslian: Kode SN menjadi salah satu cara untuk memastikan keamanan transaksi. Dengan menggunakan kode SN yang unik, pembeli dapat memverifikasi bahwa pulsa yang mereka beli adalah asli dan valid.
  3. Menghindari Kesalahan: Dalam beberapa kasus, kesalahan pengiriman pulsa dapat terjadi. Dengan meminta kode SN, pembeli dapat memverifikasi bahwa pulsa yang diterima sesuai dengan yang mereka beli, menghindari kesalahan atau ketidaksesuaian dalam jumlah pulsa.
  4. Penyelesaian Masalah: Jika terjadi masalah atau keluhan terkait dengan pengisian pulsa, memiliki kode SN memungkinkan pembeli untuk memberikan informasi yang lebih lengkap kepada penjual atau penyedia layanan pulsa. Hal ini dapat mempercepat proses penyelesaian masalah yang mungkin timbul.
  5. Rekam Transaksi: Dengan mencatat dan menyimpan kode SN, pembeli dapat memiliki catatan lengkap tentang transaksi pengisian pulsa yang telah dilakukan. Ini berguna sebagai referensi di masa depan jika diperlukan.
Baca Juga:   Mudah Sekali Tanpa Ribet, Inilah Cara Membuat Jadwal Rapat Google Meet

Contoh Penggunaan Serial Number Pulsa

Setiap kali kita melakukan pengisian ulang pulsa, baik itu melalui konter atau aplikasi, kita akan mendapatkan nomor SN yang berbeda-beda. SN ini berisi informasi tentang tanggal transaksi, kode operator, dan ID penjual pulsa.

Untuk memeriksa SN pengisian pulsa, kita dapat melihat notifikasi yang diterima melalui SMS setelah melakukan pengisian ulang. Jika pulsa atau paket data belum masuk, kamu bisa mencoba memasukkan Nomor Seri (SN) secara manual ke nomor tujuan dengan mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Buka menu panggilan pada ponsel tujuan transaksi pulsa/paket data.
  2. Ketik kode provider diikuti dengan nomor seri (serial number), lalu tekan OK/Yes.

Berikut ini adalah contoh kode yang dapat digunakan untuk beberapa provider:

  • Axis : *838*(serial number)# tekan OK/Yes
  • Indosat : *556*(serial number)# tekan OK/Yes
  • Telkomsel : *133*(serial number)# tekan OK/Yes
  • Tri : *111*(serial number)# tekan OK/Yes
  • XL: *123*(serial number)# tekan OK/Yes

Pastikan untuk mengganti “Serial Number” dengan serial number yang kamu dapatkan saat membeli pulsa atau paket data.

Perbedaan Kode Serial Number dan Nomor Referensi

Kode Serial Number (SN) dan Nomor Referensi memiliki perbedaan dalam fungsi dan penggunaannya dalam pengisian pulsa dan sistem pembayaran. Berikut adalah perbandingan antara keduanya:

Kode Serial Number (SN) Nomor Referensi
Digunakan untuk memverifikasi pengisian pulsa. Digunakan sebagai identitas transaksi pada sistem pembayaran.
Diberikan melalui SMS setelah pengisian pulsa dilakukan. Diberikan pada saat transaksi pembayaran dilakukan.
Kode unik yang terdiri dari informasi tanggal transaksi, kode operator, dan ID penjual pulsa. Nomor yang menjadi identitas transaksi pada sistem pembayaran.
Verifikasi pengisian pulsa. Identitas transaksi pada sistem pembayaran.
Baca Juga:   Aplikasi Ramalan Cuaca Terbaik Pada Android

Jadi, perbedaan utama antara Kode Serial Number (SN) dan Nomor Referensi terletak pada fungsi dan cara penggunaannya. Kode SN digunakan untuk memverifikasi pengisian pulsa, sementara nomor referensi digunakan sebagai identitas transaksi pada sistem pembayaran. SN biasanya diberikan melalui SMS setelah pengisian pulsa, sedangkan nomor referensi diberikan saat transaksi pembayaran dilakukan.

Pertanyaan Umum Seputar SN Pulsa

T: Berapa digit no SN pulsa?
J: Biasanya, serial number pulsa disertakan pada SMS notifikasi berupa deretan angka yang berisi 12 hingga 16 digit.

T: Apakah Serial Number (SN) berbeda untuk setiap transaksi?
J: Ya, SN akan berbeda untuk setiap transaksi pengisian pulsa. SN yang diberikan bergantung pada informasi tanggal transaksi, kode operator, dan ID penjual pulsa.

T: Apa yang harus dilakukan jika tidak menerima SMS dengan Serial Number (SN)?
J: Jika tidak menerima SMS dengan SN setelah pengisian pulsa, tunggu beberapa waktu, biasanya sekitar 10-15 menit. Jika masih tidak menerima, periksa saldo pulsa apakah sudah bertambah. Jika belum, hubungi penjual pulsa atau layanan pelanggan untuk mendapatkan bantuan.

T: Apakah SN Pulsa harus disimpan setelah pengisian pulsa?
J: Sebaiknya Anda menyimpan SN sebagai bukti dan referensi untuk transaksi pengisian pulsa yang dilakukan. Jika terjadi masalah atau keluhan, memiliki SN dapat membantu mempercepat penyelesaian masalah.

You May Also Like