Cara Agar HP Tidak Panas saat Bermain Game Online

5 Cara Agar HP Tidak Panas saat Bermain Game Online

Tuan Tekno – Bermain game online di smartphone tentu sangat seru. Namun, terdapat masalah utama, yaitu HP mudah panas ketika bermain game. Oleh karena itu, kamu harus tahu cara agar HP tidak panas saat bermain game online.

Cara ini sangat penting karena kamu bisa menjaga kondisi fisik dan performa HP dengan baik, sehingga tidak mudah lemot atau rusak. Kemudian, dengan cara yang sama kamu juga bisa mengatur waktu bermain yang baik.

Adapun beberapa cara agar HP tidak panas saat digunakan antara lain:

1.     Sesuaikan Spesifikasinya

Setiap smartphone game memiliki kategori low-mid-high specification. Artinya, game-game tersebut memiliki spesifikasi yang berbeda-beda. Hal ini menjadi patokan utama ketika kamu memilih game untuk disesuaikan dengan gadget yang ada.

Masalahnya adalah banyak orang yang install game berat padahal spesifikasi HP-nya tidak mumpuni. Akibatnya, kinerja smartphone menjadi lebih berat, suhu HP cepat meningkat, lemot, dan lain-lain.

Jika hal ini terus berlangsung, maka usia penggunaan HP akan semakin singkat karena smartphone mudah rusak. Oleh karena itu, sesuaikanlah game yang kamu mainkan dengan kemampuan HP masing-masing untuk menghindari hal tersebut.

2.     Tidak Bermain Sambil Di-Charge

Salah satu penyebab HP panas saat digunakan adalah karena kamu bermain game sambil charge baterai smartphone-nya. Mengapa? Karena kinerja HP bertambah cepat dan berat.

Biasanya HP akan melambat ketika baterainya kekurangan daya. Hal ini tentu mengganggu terutama saat kamu bermain game online, sehingga upaya pertama yang bisa kamu lakukan adalah bermain game sambil di-charge.

Namun, hal tersebut tidak boleh kamu lakukan terus-menerus, karena daya yang masuk akan cepat digunakan oleh hardware smartphone untuk menunjang software game yang sedang kamu mainkan.

Baca Juga:   5 Cara Memindahkan Kontak dari Android ke Iphone

Memang kinerja HP meningkat, tetapi smartphone jadi cepat panas. Efek sampingnya kemudian adalah usia baterai akan menjadi semakin pendek. Jadi, hal ini tidak baik untuk pemakaian jangka panjang.

3.      Tutup Aplikasi dan Konektivitas yang Tidak Perlu

Cara mengatasi HP panas saat bermain Mobile Legend dan game online lainnya adalah dengan menutup aplikasi dan konektivitas yang tidak sedang kamu gunakan. Mengapa? Karena kedua hal tersebut akan memakan daya baterai secara terus-menerus walaupun sedang tidak kamu pakai.

Oleh karena itu, kamu jangan terburu-buru bermain game. Sebelum bermain, periksa satu-persatu aplikasi yang ada dan tutup semuanya. Kemudian, periksa konektivitas seperti Wi-Fi, bluetooth, kabel data dan lainnya.

Biasanya, HP yang kamu pakai sebagai titik hotspot lebih cepat panas dari biasanya. Hal yang sama juga berlaku untuk konektivitas lainnya, sehingga menutup fitur ini sebelum bermain game adalah cara yang tepat.

4.     Gunakan Software dan Hardware Cooler

Cara lain yang bisa kamu gunakan adalah memakai hardware pendingin yang menempel ke smartphone masing-masing. Cooler ini memiliki kipas yang membuat HP selalu dingin. Jika tidak memiliki alat ini, maka kamu bisa memakai kipas angin yang mengarah langsung ke smartphone untuk sementara waktu.

Selain hardware, kamu juga harus memakai software yang memiliki fitur cooler. Aplikasi ini mudah kamu temukan di Playstore dan di App Store. Jumlahnya juga banyak. Beberapa aplikasi yang bisa kamu coba adalah Phone Cleaner, One Booster, Nox Cleaner, CPU Cooler, dan lainnya.

5.     Bermain Secukupnya

Cara mengatasi HP panas dan lemot ketika bermain game online lainnya adalah dengan membatasi waktu bermainnya. Smartphone manapun akan panas jika terus-menerus digunakan untuk bermain game online dalam jangka waktu yang lama.

Baca Juga:   Gambar Digital: Jenis, Kekurangan & Kelebihannya

Oleh karena itu, cara paling ampuh dan yang paling utama adalah dengan membatasi waktu bermainnya. Kamu bisa bermain maksimal satu sampai dua jam perharinya.

Namun, kamu jangan bermain dua jam non-stop karena selain tidak baik untuk kesehatan mata, suhu smartphone juga akan mudah naik secara mendadak. Lebih baik kamu bermain 15-30 menit terlebih dahulu. Lalu berhenti selama 30 menit sampai 1 jam, kemudian lanjut untuk bermain game kembali.

Kelima cara agar HP tidak panas saat bermain game online di atas pastinya mudah untuk kamu lakukan. Oleh karena itu, pastikan kamu selalu menerapkan hal tersebut agar tetap bisa bermain game online dengan nyaman tanpa menyakiti gadget kesayangan.