Apa Itu Snapdragon

By | Oktober 18, 2021
Apa Itu Snapdragon

Apa itu Snpadragon, pasti dari kita masih bnyak yang belum tahu. karena sebagian dari kita hanya membeli Smartphone tanpa mengetahui jenis komponen pendukungnya.

Salah satu komponen yang terpenting  pada smartphone untuk menciptakan performa yang bagus atau anti lelet yaitu prosesor yang digunakan.

Pada Smartphone Android terdapat dua jenis prosesor yang biasa digunakan yaitu MediaTek dan Snapdragon. Kedua prosesor ini juga digunakan oleh beberapa merek smartphone kelas tinggi.

Bagi kita yang hobi main game kualitas tertinggi pasti sering terjadi kenapa smartphone nya sering panas atau lemot. hal ini berpenagruh terhadap tipe prosesr berapa yang kita pakai.

jadi, prosesor merupakan salah satu hal untuk nilai tolak ukur bagi sebagian orang ketika membeli smartphone untuk berbagai kebutuhannya. agar kita tidak salah beli nantinya mari simak dulu apa itu Snapdragon

Apa itu Snapdragon?

snapdragon ialah sebuah sistem on chip yang menjadi produk unggulan dari Qualcomm. pada umumnya snapdragon ini banyak digunakan oleh smartphone yang menggunakan sistem operasi Android dan juga IOs. kenapa disebut system on chip karena di dalam perangkat.

beberapa  vendor ponsel yang merasa bangga apabila ponsel produksi mereka dibekali Qualcomm Snapdragon. alasannya ponsel dengan chipset Snapdragon lebih banyak peminat dibandingakan  dengan chipset dari produsen lain.

komponen chip yang saling berhubungan pada Snapdragon diantaranya sebagai berikut :

  • Graphic Processing Unit/GPU
  • Processor/CPU
  • Sistem Memory
  •  Sistem Audio
  • Wireless Mode
  • Digital Signal Processor/DSP
  • Image Signal Processor/ISP
  • Qualcomm Mobile Security

Chip Snapdragon pertama kali diluncurkan pada bulan november 2007 oleh perusahaan teknologi Qualcomm. untuk Snapdragon ini berasal dari kata Snap dan Dragon yang memiliki arti kecepatan dan keganasan. Versi pertama yang dikenalkan oleh Qualcomm adalah Snapdragon QSD8250 yang memiliki kecepatan pemrosesan 1 GHz.

Baca Juga:   Rekomendasi HP Harga 1 Jutaan Terbaik 2021

Jenis-jenis Snapdragon yang Umum di Pasaran

  • Snapdragon S Series

Snapdragon S Series yaitu chipset Snapdragon generasi pertama. Seri S pertama kali muncul pada tahan 2007 yang  diberi nama Snapdragon S1. selanjutnya seri ini digunakan pada ponsel Android di tahun 2008.

Pada series Snapdragon S1 terdapat model yang berbeda – beda.  Contoh Smartphone yang memakai Snapdragon S1 adalah LG Optimus L7,Samsung Galaxy Young dan Samsung Galaxy Trend Lite.

  • Snapdragon 200 Series

Pada Tahun 2013, Qualcomm mulai memperbarui produk Snapdragon yang terbagi ke dalam 4 lini seri, yaitu Snapdragon seri 200, Snapdragon seri 400, Snapdragon seri 600, dan Snapdragon seri 800.

Untuk Snapdragon 200 proritas untuk kelas low entry atau smartphone dengan kelas harga yang terjangkau. Chipset pada snapdagon 200 menghadirkan prosesor dua core dan memakai Adreno 203 sebagai pengolah grafisnya.

Qualcumm mengembangkan snapdragon dalam beberapa seri. Dari tahun 2014 sampai 2017, Qualcomm memperkenalkan seri Snapdragon 200. jenis dari seri 200 ialah Snapdragon 205, Snapdragon 208, Snapdragon 210 dan Snapdragon 212. Namun, Snapdragon 200 series sudah tidak dilanjutkan lagi sejak 2018.

  • Snapdragon 400 Series

Chipset jenis ini diproritaskan bagi smartphone dengan harga terjangkau, tetapi dengan performa yang lumayan bagus untuk sebuah ponsel pintar. Hal ini terjadi karena Snapdragon 400 diciptakan dengan arsitektur ARM Cortex A7 yang sudah Support tampilan HD.

Adapun jenis Snapdragon 400 ini, Snapdragon 425 adalah chipset yang banyak diminati.  Contoh Smartphone yang memakai Snapdragon 425, seperti Xiaomi Redmi 5A, Samsung Galaxy J2, dll.

  • Snapdragon 600 Series

Snapdragon series 600 menjadi Chipset kelas menengah yang dibekali performa lebih baik dari Snapdragon 400 sebelumnya. Sama seperti Snapdragon 400, pada Snapdragon 600 terus diproduksi dan chipset yang dihasilkan semakin babus.

Baca Juga:   Sangat Mudah Beginalah Cara Mengembalikan Foto Yang Terhapus di Hp

Tiga chipset yang sering dipakai Snapdragon 600 series adalah Snapdragon 625, Snapdragon 636, dan Snapdragon 660. Ketiga chipset ini tentunya memiliki performa bagus beserta fitur yang baik.

  • Snapdragon 700 Series

qualcomm mengumumkan kehadiran Snapdragon series 700 pada tahun 2018. terdapat tiga chipset yaitu Snapdragon 710, Snapdragon 712, dan Snapdragon 730 (serta versi 730G). Kehadiran chipset ini membuat lebih menarik, sebab posisinya berada di antara Snapdragon 600 series dan Snapdragon 800.

  • Snapdragon 800 Series

Pada Snapdragon 800 Series masuk dalam kategori Snapdragon kelas atas. Karenanya chipset ini memiliki banyak fitur penting. Keluarga dari Snapdragon 800 selalu menciptakan chipset yang mumpuni untuk bisa menjalankan berbagai permainan tinggi.

Untuk urusan Performanya sangat baik walaupun produk Snapdragon 800 series tidak selalu berhasil. Contoh kegagalan dari produk Snapdragon 800 yaitu pada masa awal Snapdragon, seperti Snapdragon 808 atau Snapdragon 810 yang lebih sering panas.

Kemudian, Snapdragon 800 series menunjukkan taringnya ketika hadir chipset Snapdragon 820 dan Snapdragon 821. Nama besar Qualcomm semakin melesat serta semakin dikenal dengan hadirnya tiga chipset kelas atas, yaitu Snapdragon 835, Snapdragon 845, dan Snapdragon 855.

Ketiga chipset ini memiliki performa sangat baik dengan fitur unggulan konsumsi daya yang lebih sedikit. Ditambah karena Snapdragon 835 dan Snapdragon 845 dibangun dengan fabrikasi 10 nm. Sedangkan Snapdragon 855 dibangun dengan fabrikasi 7 nanometer.

 

Nah, itulah pengertian dari snapdragon beserta jenis dari snapdragon. sekarang tergantung kebutuhan kita mau membeli smartphone baru dengan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *