Tips Memilih Casing PC yang Sesuai dengan Anggaran

memilih casing pc

Ketika membangun PC, memilih casing PC adalah salah satu komponen komputer yang tidak boleh diabaikan. Casing PC bukan hanya sebagai tempat untuk menyimpan semua komponen hardware, tetapi juga memiliki peran penting dalam menjaga suhu dan kinerja PC. Oleh karena itu, memilih casing PC yang tepat sangat penting untuk memastikan kenyamanan dan kinerja optimal saat menggunakan PC.

Namun, dengan banyaknya pilihan casing PC yang tersedia di pasaran, seringkali membuat kita bingung untuk memilih casing PC yang sesuai dengan kebutuhan dan anggaran. Untuk itu, dalam artikel ini akan dibahas beberapa tips dalam memilih casing PC yang sesuai dengan anggaran Anda.

Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pilihan Casing PC

Sebelum memilih casing PC, terlebih dahulu kita harus mempertimbangkan beberapa faktor yang mempengaruhi pilihan kita. Berikut adalah beberapa faktor yang harus dipertimbangkan saat memilih casing PC:

Ukuran casing

Ukuran casing PC sangat penting untuk dipertimbangkan karena dapat mempengaruhi kapasitas penyimpanan, jumlah slot ekspansi, dan kemampuan untuk menampung komponen yang lebih besar seperti motherboard dan kartu grafis. Beberapa ukuran casing PC yang umum di pasaran adalah ATX, micro-ATX, dan mini-ITX.

Bahan casing

Casing PC tersedia dalam berbagai bahan seperti plastik, baja, aluminium, dan kaca temper. Setiap bahan memiliki kelebihan dan kekurangan. Misalnya, casing PC dari aluminium dan kaca temper biasanya lebih mahal tetapi lebih ringan dan menarik secara visual.

Tipe dan jumlah fan yang dibutuhkan

Fan pada casing PC membantu menjaga suhu komponen dalam PC. Pada umumnya, casing PC dilengkapi dengan beberapa fan bawaan, tetapi terkadang kita membutuhkan fan tambahan tergantung pada kebutuhan kita. Oleh karena itu, perlu memperhatikan jumlah dan tipe fan yang dapat dipasang pada casing PC yang akan dipilih.

Kapasitas penyimpanan

Kapasitas penyimpanan pada casing PC sangat penting untuk memastikan bahwa semua komponen hardware dapat diakomodasi. Jumlah slot penyimpanan pada casing PC umumnya berbeda-beda tergantung pada ukuran casing dan spesifikasinya.

Kemudahan dalam instalasi komponen

Memilih casing PC dengan mudah dalam pemasangan dan pengaturan kabel juga sangat penting. Memastikan adanya ruang yang cukup dan fitur yang memudahkan instalasi akan mempermudah dan menghemat waktu dan usaha dalam membangun PC.

Baca Juga:   Mengenal Casing PC Mini-ITX: Kelebihan dan Kekurangan

Casing PC yang Sesuai dengan Anggaran Anda

Saat memilih casing PC, kita juga harus mempertimbangkan anggaran yang tersedia. Berikut adalah beberapa pilihan casing PC yang sesuai dengan anggaran Anda:

Budget Rendah (di bawah 500 ribu)

Jika Anda memiliki anggaran yang terbatas, Anda masih dapat memilih casing PC yang memadai dengan harga yang terjangkau. Beberapa merek casing PC yang dapat dipilih di kategori budget rendah antara lain Simbadda, Dazumba, dan Infinity.

  • Simbadda SPC 150

Simbadda SPC 150 merupakan casing PC yang sangat terjangkau dengan harga di bawah 300 ribu. Meskipun harganya murah, casing PC ini tetap memiliki kualitas yang memadai dan bisa menampung komponen-komponen PC dengan ukuran standar. Casing PC ini dilengkapi dengan 1 buah kipas pendingin dan panel samping yang dapat dibuka.

Cek harga terbaru Simbadda SPC 150 Disini

  • Dazumba D-Vito 901

Dazumba D-Vito 901 juga merupakan salah satu pilihan casing PC yang murah dan berkualitas. Casing PC ini memiliki desain yang simpel dan modern dengan panel samping yang bisa dibuka. Casing PC ini juga dilengkapi dengan 1 buah kipas pendingin berukuran 120mm untuk menjaga suhu komponen PC tetap stabil.

Cek harga terbaru Dazumba D-Vito 901 Disini

  • Infinity Power Case 302

Infinity Power Case 302 merupakan casing PC dengan harga yang terjangkau dan dilengkapi dengan sumber daya listrik atau PSU (Power Supply Unit) berkapasitas 500W. Casing PC ini juga dilengkapi dengan panel samping yang bisa dibuka dan 1 buah kipas pendingin berukuran 120mm.

Cek harga terbaru Infinity Power Case 302 Disini

Budget Sedang (500 ribu – 1 juta)

Dalam anggaran sedang, Anda dapat memilih casing PC yang lebih baik dengan kualitas yang lebih baik juga. Beberapa merek casing PC yang dapat dipilih di kategori budget sedang antara lain Armageddon, Cube Gaming, dan Cougar.

  • Armaggeddon Nimitz TR500

Armaggeddon Nimitz TR500 merupakan casing PC dengan desain yang modern dan dilengkapi dengan 4 buah kipas pendingin berukuran 120mm untuk menjaga suhu komponen PC tetap stabil. Casing PC ini juga memiliki panel samping yang bisa dibuka dan didukung dengan slot untuk kabel manajemen yang rapi. Harganya sekitar 700 ribu hingga 900 ribu.

Cek harga terbaru Armaggeddon Nimitz TR500 Disini

  • Cube Gaming Scorpio

Cube Gaming Scorpio adalah casing PC yang cocok untuk pengguna yang menginginkan desain casing yang elegan dan kokoh. Casing PC ini dilengkapi dengan 3 buah kipas pendingin berukuran 120mm dan panel samping yang bisa dibuka. Casing PC ini juga memiliki slot untuk kabel manajemen yang rapi dan didukung dengan desain interior yang dapat di-customize. Harganya sekitar 800 ribu hingga 1 juta.

Baca Juga:   Mengenal Komponen Bagian Motherboard

Cek harga terbaru Cube Gaming Scorpio Disini

  • Cougar MX330-G

Cougar MX330-G adalah casing PC yang didesain untuk para gamer dengan harga yang terjangkau. Casing PC ini dilengkapi dengan panel samping kaca tempered glass dan 2 buah kipas pendingin berukuran 120mm. Casing PC ini juga memiliki slot untuk kabel manajemen yang rapi dan didukung dengan desain interior yang dapat di-customize. Harganya sekitar 750 ribu hingga 900 ribu.

Cek harga terbaru Cougar MX330-G Disini

Budget Tinggi (diatas 1 juta)

Jika Anda memiliki anggaran yang cukup besar untuk membeli casing PC, maka Anda bisa memilih casing yang berkualitas tinggi dan memiliki fitur-fitur yang lebih canggih. Berikut adalah beberapa merek casing PC yang bisa dipertimbangkan dalam anggaran tinggi:

  • Corsair

Corsair merupakan merek casing PC yang cukup populer di kalangan gamer dan penggemar PC. Corsair menawarkan casing yang dilengkapi dengan fitur-fitur canggih seperti sistem pendingin udara dan air, kabel manajemen yang rapi, dan desain yang keren. Salah satu contoh casing Corsair yang populer adalah Corsair Obsidian Series 1000D, yang memiliki ukuran yang besar dan dilengkapi dengan sistem pendingin air yang sangat baik.

Cek harga terbaru Corsair Obsidian Series 1000D Disini

  • NZXT

NZXT juga merupakan merek casing PC yang terkenal di kalangan penggemar PC dan gamer. NZXT menawarkan casing yang dirancang dengan desain yang unik dan modern, serta dilengkapi dengan fitur-fitur canggih seperti sistem pendingin udara dan air, kabel manajemen yang rapi, dan panel kaca tempered yang transparan. Contoh casing NZXT yang populer adalah NZXT H510 Elite, yang memiliki desain yang elegan dan dilengkapi dengan panel kaca tempered yang transparan.

Cek harga terbaru NZXT H510 Elite Disini

  • Phanteks

Phanteks adalah merek casing PC yang berbasis di Belanda, yang menawarkan casing berkualitas tinggi dengan desain yang elegan dan fungsional. Phanteks menawarkan casing dengan fitur-fitur canggih seperti sistem pendingin udara dan air, kabel manajemen yang rapi, dan panel kaca tempered yang transparan. Salah satu contoh casing Phanteks yang populer adalah Phanteks Eclipse P400A, yang dilengkapi dengan sistem pendingin udara yang sangat baik dan desain yang modern.

Cek harga terbaru Phanteks Eclipse P400A Disini

Dalam memilih casing PC yang sesuai dengan anggaran Anda, pastikan untuk mempertimbangkan juga kebutuhan Anda dan ketersediaan fitur yang dibutuhkan. Selain merek casing PC yang sudah disebutkan di atas, masih banyak merek lainnya yang bisa dipertimbangkan. Yang terpenting adalah memilih casing yang sesuai dengan kebutuhan dan anggaran Anda.

Tips Memilih Casing PC yang Tepat

Selain mempertimbangkan faktor-faktor di atas dan budget yang tersedia, berikut adalah beberapa tips dalam memilih casing PC yang tepat:

Baca Juga:   Sangat Mudah, Cara Mengembalikan Foto Yang Terhapus di Hp, 100% kembali

Menentukan kebutuhan dan anggaran

Sebelum memilih casing PC, pertimbangkan terlebih dahulu kebutuhan dan anggaran yang tersedia. Dengan menentukan kebutuhan, kita dapat mengetahui ukuran casing yang dibutuhkan dan spesifikasi lain yang harus dipertimbangkan.

Mencari informasi tentang spesifikasi casing

Sebelum membeli casing PC, pastikan untuk membaca spesifikasi dan fitur casing dengan teliti. Hal ini akan membantu Anda memilih casing PC yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Membaca review dan testimonial

Membaca review dan testimonial dari pengguna casing PC juga sangat penting untuk memastikan kualitas dan performa casing tersebut. Jangan hanya melihat pada harga yang murah, namun juga pastikan kualitas casing tersebut memadai.

Memperhatikan garansi dan return policy

Terakhir, pastikan untuk memperhatikan garansi dan return policy pada casing PC yang akan dibeli. Dengan begitu, kita dapat menghindari risiko kerusakan atau masalah lain pada casing PC yang dibeli.

Kesimpulan

Memilih casing PC yang tepat sangat penting untuk memastikan kenyamanan dan kinerja PC. Pertimbangkan beberapa faktor seperti ukuran casing, bahan, tipe fan, kapasitas penyimpanan, dan kemudahan dalam instalasi komponen sebelum memilih casing PC. Selain itu, pastikan juga untuk mempertimbangkan budget yang tersedia dan membaca review serta garansi dan return policy sebelum membeli casing PC. Semoga tips ini bermanfaat bagi Anda yang sedang memilih casing PC yang tepat.

You May Also Like