Perbedaan Casing Mid-Tower dan Casing Full-Tower: Mana yang Lebih Sesuai untuk Kebutuhan Anda?

perbedaan casing mid-tower dan casing full-tower

Ketika Anda membangun sebuah PC, salah satu hal yang perlu Anda perhatikan adalah casing yang akan digunakan. Casing PC berfungsi untuk melindungi komponen di dalamnya dan memungkinkan sistem pendingin untuk berfungsi dengan baik. Ada dua jenis casing yang paling umum digunakan, yaitu Mid-Tower dan Full-Tower. Namun, apakah Anda tahu perbedaan antara kedua jenis casing ini? Artikel ini akan membahas perbedaan antara casing Mid-Tower dan Full-Tower serta memberikan rekomendasi tentang jenis casing mana yang lebih sesuai untuk kebutuhan Anda.

Apa itu Casing Mid-Tower?

casing mid-tower jonsbo

Casing Mid-Tower adalah jenis casing PC yang umum digunakan. Casing ini memiliki dimensi yang lebih kecil dibandingkan dengan Full-Tower namun masih memungkinkan untuk memuat beberapa komponen seperti motherboard ATX, beberapa kartu ekspansi, beberapa hard drive dan kartu grafis.

Ukuran dan dimensi

Ukuran casing Mid-Tower biasanya berkisar antara 18 hingga 22 inci tingginya dan lebarnya sekitar 7 hingga 9 inci. Dimensinya yang kompak membuatnya ideal bagi pengguna yang memiliki ruang terbatas di meja kerja mereka.

Kelebihan dan kekurangan

Kelebihan Mid-Tower adalah ukurannya yang lebih kecil membuatnya lebih mudah untuk dipindahkan dan ditempatkan di bawah meja atau di lokasi yang sempit. Selain itu, Mid-Tower biasanya lebih murah daripada Full-Tower.

Namun, kekurangannya adalah kapasitas penyimpanan dan kemampuan ekspansinya yang terbatas. Mid-Tower tidak dapat menampung banyak hard drive dan kartu ekspansi.

Baca Juga:   Mengenal Bagian - Bagian Komputer & Fungsinya Lengkap

Kapan sebaiknya memilih casing Mid-Tower?

Casing Mid-Tower cocok untuk pengguna yang memiliki ruang terbatas di meja kerja mereka dan tidak memerlukan banyak ruang untuk memasang hard drive dan kartu ekspansi. Casing ini juga cocok untuk pengguna dengan anggaran terbatas.

Apa itu Casing Full-Tower?

casing full-tower hijau

Casing Full-Tower adalah casing PC yang lebih besar dan memiliki lebih banyak ruang daripada Mid-Tower. Casing ini memungkinkan pengguna untuk memasang banyak komponen seperti motherboard E-ATX, banyak hard drive, kartu ekspansi, dan pendingin air.

Ukuran dan dimensi

Ukuran casing Full-Tower berkisar antara 22 hingga 27 inci tingginya dan lebarnya sekitar 8 hingga 9 inci. Casing ini dapat menampung banyak komponen yang membuatnya ideal bagi pengguna yang membutuhkan banyak ruang dan memiliki banyak komponen yang ingin dipasang.

Kelebihan dan kekurangan

Kelebihan Full-Tower adalah kemampuannya untuk menampung banyak hard drive, kartu ekspansi, dan pendingin air. Casing ini juga memberikan ruang yang cukup untuk memasang banyak komponen, menjadikannya pilihan yang ideal bagi pengguna yang membutuhkan sistem yang kuat dan fleksibel.

Namun, kekurangan Full-Tower adalah ukurannya yang besar dan berat, sehingga sulit untuk dipindahkan atau ditempatkan di bawah meja. Selain itu, harga Full-Tower cenderung lebih mahal daripada Mid-Tower.

Kapan sebaiknya memilih casing Full-Tower?

Casing Full-Tower cocok untuk pengguna yang membutuhkan banyak ruang untuk memasang banyak hard drive, kartu ekspansi, dan pendingin air. Casing ini juga cocok untuk pengguna yang membutuhkan sistem yang kuat dan fleksibel untuk tugas-tugas yang berat, seperti gaming, rendering video, atau editing foto dan video.

Perbedaan Casing Mid-Tower dan Casing Full-Tower

Perbandingan dimensi dan ukuran casing

Mid-Tower memiliki dimensi yang lebih kecil dibandingkan dengan Full-Tower. Ukuran Mid-Tower berkisar antara 18 hingga 22 inci tingginya dan lebarnya sekitar 7 hingga 9 inci, sedangkan ukuran Full-Tower berkisar antara 22 hingga 27 inci tingginya dan lebarnya sekitar 8 hingga 9 inci.

Baca Juga:   5 Aplikasi Terbaik Benchmark Pada PC

Perbandingan kapasitas penyimpanan dan kemampuan ekspansi

Casing Full-Tower dapat menampung lebih banyak hard drive, kartu ekspansi, dan pendingin air dibandingkan Mid-Tower. Namun, casing Full-Tower juga memerlukan ruang yang lebih besar. Casing Mid-Tower memiliki kemampuan ekspansi yang terbatas dan hanya dapat menampung beberapa hard drive dan kartu ekspansi.

Perbandingan harga

Harga Mid-Tower biasanya lebih murah dari Full-Tower karena ukurannya yang lebih kecil dan kemampuan ekspansinya yang terbatas.

Kelebihan dan kekurangan masing-masing casing

Mid-Tower memiliki kelebihan dalam hal ukuran yang lebih kecil dan harga yang lebih terjangkau. Namun, kekurangannya adalah kapasitas penyimpanan dan kemampuan ekspansinya yang terbatas.

Sedangkan, Full-Tower memiliki kelebihan dalam hal kemampuan ekspansi yang lebih besar dan kapasitas penyimpanan yang lebih banyak. Namun, kekurangannya adalah ukurannya yang besar dan berat serta harganya yang lebih mahal.

Kesimpulan

Memilih casing PC yang tepat sangat penting untuk menjaga komponen PC Anda dan memastikan sistem pendingin berfungsi dengan baik. Mid-Tower dan Full-Tower adalah dua jenis casing yang paling umum digunakan. Mid-Tower lebih cocok untuk pengguna yang memiliki ruang terbatas atau memerlukan PC dengan kapasitas penyimpanan dan kemampuan ekspansi yang terbatas. Sementara itu, Full-Tower lebih cocok untuk pengguna yang membutuhkan sistem yang kuat dan fleksibel untuk tugas-tugas berat dan memiliki banyak komponen yang ingin dipasang.

Saat memilih casing PC, penting untuk mempertimbangkan kebutuhan Anda dan anggaran yang dimiliki. Jika Anda memiliki banyak ruang dan membutuhkan kemampuan ekspansi dan kapasitas penyimpanan yang besar, maka casing Full-Tower mungkin lebih cocok. Namun, jika Anda memiliki ruang terbatas atau memerlukan sistem dengan harga yang lebih terjangkau, maka casing Mid-Tower mungkin menjadi pilihan yang lebih baik.

Baca Juga:   Jenis dan Fungsi Hard Disk yang Perlu Kamu Ketahui

Dalam memilih casing PC, jangan lupa untuk mempertimbangkan faktor seperti kualitas bahan, pendingin udara dan air, desain kabel, dan kemudahan akses ke komponen PC. Dengan mempertimbangkan semua faktor ini, Anda dapat memilih casing PC yang tepat untuk memastikan sistem Anda berfungsi dengan baik dan aman dari kerusakan.

You May Also Like