Gambar Digital: Jenis, Kekurangan & Kelebihannya

Jaman dahulu, sebuah gambar dapat diimplementasikan dalam media seperti kertas, kanvas dan lain sebagainya. Namun memeasuki era teknologi informasi yang semakin canggih ini, gambar tidak hanya menggnukana media fisik atau kita kenal istilah gambar digital.

Gambar digital adalah gambar yang tidak memiliki bentuk fisik, contohnya adalah foto di smartphone kamu, wallpaper windows atau gambar apapun yang menggunakan media digital. Dalam dunia digital terdapat 2 jenis gambar yaitu Bitmap dan Vector, untuk mendalami lebih jauh kedua jenis tersebut silahkan simak ulasannya dibawah ini.

Gambar Bitmap

Bitmap adalah gambar yang merupakan tiruan yang sama persis dan mengikuti gambar namun dalam bentuk digital. Jenis gambar ini tersusun dari kumpulan pixel pada lokasi tertentu dengan warna tersendiri hingga menghasilkan sebuah gambar.

Pixel sendiri merupakan ukuran terkecil dari sebuah titik digital yang dapat dilihat oleh mata. Semakin banyak pixel, maka semakin detail dan halus gambar yang dihasilkan. Banyaknya pixel tersebut juga mempengaruhi seberapa besar ukuran file yang dihasilkan.

Resolusi atau kerapatan pixel pada gambar dikenal dengan nama dot per inchi (dpi). Untuk mengenali gambar bitmap cukup mudah, kamu cukup melihat format file yang biasanya berextensi .bmp, .jpg, .tfi, .gif, .png, .pix, .pcx, dan sebagainya.

Contoh Gambar Bitmap
Contoh Gambar Bitmap

Kelebihan Gambar Bitmap

Gambar bitmap setidaknya memiliki 2 keunggulan diantaranya:

  • Mampu menampilkan warna dan bentuk yang lebih natural.
  • Gambar bitmap dapat langsung di transfer dan ditampilkan kedalam layar komputer.

Kekurangan Gmabar Bitmap

Selain kedua kelebihan tersebut, bitmap juga memiliki kekurangan yaitu:

  • Jika gambar di perbesar atau di perkecil, maka kualitasnya akan berubah.
  • Ukuran file yang dihasilkan realtif lebih besar.
  • Jika dikompres atau dipadatkan, maka kualitas gambar akan ikut menurun.
Baca Juga:   5 Cara Agar HP Tidak Panas saat Bermain Game Online

Aplikasi Pengolah Gambar Bitmap

Gambar bitmap dapat dimanipulasi dengan menambahkan efek-efek tertentu, croping, menambahkan teks ataupun digabungkan dengan gambar lain. Banyak aplikasi yang menyediakan fungsi untuk melakukan hal-hal tersebut.

Untuk aplikasi pengolah gambarnya cukup banyak ditemukan dipasaran, mulai dari yang berbayar seperti Photoshop dan Corel Photo-Paint. Selain itu juga ada aplikasi edit gambar gratis seperti GIMP, meski gratis tapi kualitas yang dihasilkan tak kalah dengan yang berbayar.

Gambar Vector

Gambar vektor adalah sebuah gambar yang disusun oleh sekumpulan garis, kurva maupun bidang tertentu dengan serangkaian instruksi yang matematis. Setiap garis, kurva dan bidang tertentu tersebut memiliki atribut masing-masing seperti fill, stroke maupun node.

Tidak seperti gambar bitmap, kualitas gambar vector tidak dipengaruhi oleh resolusi pixel dalam gambar tersebut. Jadi kamu bisa bebas mengatur ukuran gambar tersebut tanpa takut mengbuh kualitasnya.

Contoh Gambar Vector
Contoh Gambar Vector

Kelebihan Gambar Vector

Beberapa keunggulan dari gambar vector adalah sebagai berikut:

  • Memiliki ukuran file yang relatif kecil, sehingga lebih cepat saat dibuka dan dipindahkan ke perangkat lain.
  • Lebih mudah dalam mengatur skalanya, mau diperbesar ataupun diperkecil kualitasnya tetap sama.
  • Dengan menggunakan software tertentu, kamu bisa mengubah gambar menjadi 3 dimensi.
  • Memiliki warna yang solid, sehingga cocok digunakan untuk gambar-gambar sederhana seperti logo, icon, kartun dan sebagainya.

Kekurangan Gambar Vector

Salah satu kekurangannya adalah kurang dapat menampilkan detail gambar dan gradasi secara natural. Salah satu penyebabnya adalah karena vector cenderung memiliki warna-warna yang solid.

Aplikasi Pengolah Gambar Vector

Seperti sebelumnya, aplikasi pengolah gambar vector juga memiliki versi yang berbayar maupun versi gratisnya. Berikut adalah beberapa rekomendasi aplikasi pengolah gambar vector dari yang berbayar hingga yang gratis.

  • CorelDrawBerbayar
  • Macromedia FreehandBerbayar
  • Macromedia FlashBerbayar
  • DiaGratis
  • InkscapeGratis

Masing-masing gambar digital memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Jika kamu menginginkan gambar yang lebih realistis dan menyerupai aslinya, silahkan pilih gambar bitmap. Namun jika kamu menginginkan gambar yang lebih sederhana seperti kartun, kamu dapat memilih gambar vector.

Baca Juga:   5 Cara Agar HP Tidak Panas saat Bermain Game Online

Leave a Comment