Kenali Ciri-Ciri Telegram Diblokir Seseorang: ini Tandanya

tanda telegram diblokir

Ciri-ciri telegram diblokir seseorang dapat menjadi masalah yang mengganggu dalam penggunaan aplikasi Telegram. Dalam menggunakan aplikasi tersebut, mungkin ada saatnya kamu mengalami kesulitan dalam mengirim pesan karena salah satu kontak Telegram. Oleh karena itu, penting untuk mengenali ciri-ciri telegram diblokir seseorang agar dapat mengatasi masalah tersebut dengan tepat.

Beberapa pengguna mungkin pernah mengalami masalah ketika menggunakan Telegram, yaitu diblokir seseorang. Hal ini tentu bisa menjadi kendala dalam berkomunikasi dengan orang lain ketika Telegram diblokir. Oleh karena itu, artikel ini akan membahas tentang ciri-ciri Telegram diblokir seseorang dan bagaimana cara mengetahuinya, serta cara memblokir dan membuka blokir di Telegram. Dengan membaca artikel ini, pengguna Telegram diharapkan dapat menghindari masalah-masalah yang mungkin terjadi ketika menggunakan aplikasi ini.

Apa itu Telegram?

Telegram adalah sebuah aplikasi pesan instan yang diluncurkan pada tahun 2013 oleh Pavel Durov, seorang pengusaha internet asal Rusia. Aplikasi ini dibangun dengan tujuan untuk memberikan solusi bagi pengguna yang membutuhkan platform pesan instan yang aman dan terenkripsi, namun tetap cepat dan ringan.

Telegram memungkinkan pengguna untuk mengirim pesan teks, foto, video, dan file lainnya secara gratis dan cepat melalui koneksi internet. Fitur-fitur lainnya termasuk obrolan grup, obrolan rahasia dengan enkripsi end-to-end, serta kemampuan untuk mengirim pesan yang akan menghilang setelah waktu tertentu. Fitur-fitur ini membuat Telegram sangat populer di kalangan pengguna yang mengutamakan privasi dan keamanan dalam berkomunikasi.

Kelebihan Telegram

1. Keamanan: Telegram menawarkan tingkat keamanan yang tinggi, di mana pesan yang dikirimkan antara pengguna dienkripsi dan tidak dapat diakses oleh pihak ketiga, bahkan oleh Telegram sendiri.

2. Kapasitas Berkas yang Besar: Telegram memungkinkan pengguna untuk mengirim file dengan ukuran hingga 2GB, jauh lebih besar dari aplikasi pesan instan lainnya.

3. Bot dan Fitur Pihak Ketiga: Telegram memungkinkan pengguna untuk mengakses berbagai bot dan fitur pihak ketiga, seperti bot untuk mengirim pesan otomatis, memeriksa cuaca, dan banyak lagi.

4. Mode Rahasia: Telegram memiliki mode rahasia, di mana pengguna dapat mengirim pesan yang akan dihapus secara otomatis setelah jangka waktu tertentu.

5. Multiplatform: Telegram tersedia untuk berbagai platform, termasuk Android, iOS, Windows, dan macOS. Hal ini memudahkan pengguna untuk menggunakan Telegram di berbagai perangkat.

Kelemahan Telegram

1. Tidak Sepopuler Aplikasi Pesan Instan Lainnya: Telegram tidak sepopuler aplikasi pesan instan lainnya seperti WhatsApp atau Line, sehingga tidak banyak orang yang menggunakan Telegram.

2. Fitur Video Call Terbatas: Telegram hanya menyediakan fitur panggilan video untuk grup dengan jumlah anggota yang terbatas.

Baca Juga:   Akun Instagram Ditangguhkan: Apa yang Harus Dilakukan?

3. Tidak Ada Panggilan Telepon di Beberapa Negara: Telegram tidak tersedia untuk panggilan telepon di beberapa negara tertentu, seperti China dan Uni Emirat Arab.

Tanda Telegram Diblokir Seseorang

Seperti aplikasi lainnya, Telegram juga memiliki fitur blokir yang memungkinkan pengguna untuk memblokir kontak yang tidak diinginkan. Bagaimana cara mengetahui apakah Telegram diblokir seseorang? Berikut ini adalah beberapa ciri-ciri dan cara untuk mengonfirmasi apakah Telegram diblokir orang.

Pesan tidak terkirim

Jika mencoba mengirim pesan kepada seseorang yang telah memblokir kamu di Telegram, pesan tersebut tidak akan terkirim. Kamu akan melihat tanda “sent” atau “delivered” di pesan, tetapi pesan tersebut tidak akan dikirim ke penerima.

Tidak bisa melihat status online seseorang

Jika seseorang telah memblokir kamu di Telegram, kamu tidak akan bisa melihat status online mereka. Biasanya, ketika seseorang sedang online, akan terlihat tanda “online” di bawah nama kontak mereka. Namun, jika Telegram diblokir seseorang, maka kamu tidak akan bisa melihat tanda “online” tersebut.

Tidak bisa melihat foto profil atau update status seseorang

Kamu juga tidak akan bisa melihat foto profil atau update status mereka. Foto profil mereka akan terlihat kosong atau hanya akan menampilkan gambar default Telegram, dan kamu tidak akan bisa melihat status mereka.

Tidak menerima pemberitahuan pesan dari seseorang

Jika Telegram diblokir seseorang, kamu juga tidak akan menerima pemberitahuan pesan dari mereka. Jadi, jika dia mengirimkan pesan setelah memblokir, kamu tidak akan mendapatkan pemberitahuan atau peringatan apapun.

Cara mengonfirmasi Telegram Diblokir Orang

Apabila kamu mengalami ciri-ciri di atas, maka ada kemungkinan bahwa orang tersebut telah memblokir kamu di Telegram. Namun, untuk memastikan bahwa kamu benar-benar diblokir, ada beberapa cara yang dapat dilakukan:

  1. Coba kirim pesan kepada orang tersebut. Jika pesan tidak terkirim dan hanya ada tanda “sent” atau “delivered” di pesan tersebut, maka kemungkinan besar kontak Telegram diblokir orang tersebut.
  2. Coba lihat status online dan foto profil orang tersebut. Jika tidak bisa melihat status online dan foto profil mereka, maka kemungkinan besar kamu telah diblokir.
  3. Coba buat grup dengan orang tersebut. Jika dia tidak muncul dalam daftar kontak atau tidak bisa ditambahkan ke grup, maka kemungkinan besar kamu telah diblokir.

Apa yang harus dilakukan jika Telegram Diblokir

Jika yakin bahwa kamu telah diblokir di Telegram, maka ada beberapa hal yang dapat dilakukan:

  1. Coba hubungi orang yang memblokir kamu melalui aplikasi pesan lain atau melalui telepon. Cobalah untuk memahami alasan mengapa kamu diblokir dan coba untuk memperbaiki kesalahpahaman atau konflik yang mungkin terjadi.
  2. Jangan mengirim pesan berlebihan atau mencoba untuk menghubungi orang tersebut terus-menerus. Hal ini dapat membuat situasi semakin buruk dan dapat membuat orang tersebut semakin yakin untuk memblokir kamu.
  3. Jika tidak berhasil, terima kenyataan bahwa orang tersebut telah memblokir kamu dan coba untuk melanjutkan kehidupan tanpa memikirkan hal tersebut. Kamu dapat mencari teman baru atau bergabung dengan grup lain di Telegram.

Cara memblokir kontak di Telegram

Kadang-kadang pengguna perlu memblokir seseorang di Telegram karena alasan keamanan atau privasi. Di sisi lain, ada juga pengguna yang ingin membuka blokir yang sebelumnya telah mereka lakukan. Berikut adalah cara memblokir dan membuka blokir seseorang di Telegram.

  1. Buka aplikasi Telegram dan buka chat dengan kontak yang ingin diblokir.
  2. Tekan nama kontak untuk membuka profilnya.
  3. Pilih opsi “Blokir”.
  4. Telegram akan meminta konfirmasi untuk memblokir kontak tersebut. Tekan “Blokir” untuk mengkonfirmasi.
Baca Juga:   Download Tema Android Terbaik dan Keren Gratis

Setelah melakukan langkah-langkah tersebut, kontak yang diblokir tidak akan dapat menghubungi melalui Telegram lagi. Kamu juga tidak akan menerima pesan dari kontak tersebut.

Konsekuensi memblokir seseorang di Telegram

Memilih untuk memblokir seseorang di Telegram dapat memiliki beberapa konsekuensi. Beberapa di antaranya termasuk:

  • Kontak yang diblokir tidak akan dapat mengirim pesan, mengirim undangan, atau melakukan panggilan video.
  • Kontak yang diblokir tidak akan dapat melihat apapun yang kamu posting di grup yang sama.
  • Kamu tidak akan menerima notifikasi dari kontak yang diblokir.

Cara membuka blokir di Telegram

  1. Buka aplikasi Telegram dan klik pada ikon tiga garis horizontal di pojok kiri atas layar.
  2. Pilih opsi “Pengaturan” dan buka menu “Privasi dan Keamanan”.
  3. Pilih opsi “Blokir Pengguna” untuk melihat daftar kontak yang telah di blokir.
  4. Cari kontak yang ingin dibuka blokirnya dan sentuh ikon pensil di sebelah kanan namanya.
  5. Pilih opsi “Buka Blokir” dan konfirmasi tindakan tersebut dengan menekan “Buka Blokir” lagi.

Setelah melakukan langkah-langkah tersebut, kontak yang dibuka blokirnya akan dapat menghubungi kamu kembali melalui Telegram. Namun, perlu diingat bahwa jika kontak tersebut telah membuat grup baru setelah kamu memblokirnya, maka kamu harus diminta oleh anggota grup yang lain untuk bergabung kembali ke grup tersebut.

Cara Menggunakan Telegram

Bagi sebagian orang, penggunaan Telegram bisa terasa rumit. Oleh karena itu, kami telah menyusun panduan lengkap tentang cara menggunakan Telegram untuk pemula.

Cara Membuat Akun Telegram

Langkah pertama untuk menggunakan Telegram adalah dengan membuat akun. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Unduh aplikasi Telegram di Google Play Store atau Apple App Store.
  2. Setelah terunduh, buka aplikasi dan klik tombol “Start Messaging”.
  3. Masukkan nomor telepon dan tekan tombol “Next”.
  4. Telegram akan mengirimkan kode verifikasi melalui SMS atau panggilan suara.
  5. Masukkan kode verifikasi yang diterima ke dalam aplikasi Telegram.
  6. Berikan nama dan foto profil untuk akun Telegram, kemudian klik tombol “Next”.
  7. Akun Telegram siap digunakan.

Cara Mencari Kontak di Telegram

Setelah membuat akun Telegram, langkah selanjutnya adalah mencari kontak. Berikut adalah cara untuk melakukannya:

  1. Klik ikon “Search” yang terletak di bagian atas aplikasi Telegram.
  2. Ketik nama kontak atau username yang ingin di cari di kolom pencarian.
  3. Telegram akan menampilkan hasil pencarian yang sesuai dengan kata kunci yang dimasukkan.
  4. Klik nama kontak atau username untuk melihat profil pengguna dan mulai mengirim pesan.

Cara Mengirim Pesan di Telegram

Setelah menambahkan kontak, kamu bisa mengirim pesan ke mereka. Berikut adalah cara untuk mengirim pesan di Telegram:

  1. Buka aplikasi Telegram dan pilih kontak yang ingin dikirimkan pesan.
  2. Ketuk ikon pesan yang terletak di bagian bawah layar.
  3. Ketik pesan yang ingin dikirimkan ke kontak tersebut dan tekan tombol “Send”.
  4. Kamu juga dapat mengirimkan gambar, video, lokasi, atau dokumen dengan cara menekan ikon tambahan yang terletak di samping kotak pesan.
  5. Jika kamu ingin mengirim pesan ke beberapa kontak sekaligus, bisa dengan  membuat grup dan mengundang beberapa orang ke dalamnya.
Baca Juga:   Begini Cara Darftar TikTok Shop Untuk Jualan

Cara Membuat Grup di Telegram

Untuk membuat grup di Telegram, ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Buka aplikasi Telegram dan ketuk ikon “New Group” di bagian atas layar.
  2. Pilih kontak yang ingin diundang ke dalam grup dan ketuk tombol centang.
  3. Berikan nama untuk grup dan tambahkan foto profil jika diinginkan.
  4. Ketuk tombol “Create” untuk membuat grup.
  5. Sekarang kamu telah berhasil membuat grup di Telegram dan dapat mengirim pesan ke semua anggota grup.

Cara Mengelola Grup di Telegram

Sebagai pemilik grup di Telegram, kamu memiliki akses ke berbagai fitur pengelolaan grup. Berikut adalah beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mengelola grup:

  1. Mengubah nama grup dan foto profil.
  2. Mengundang atau menghapus anggota grup.
  3. Menambahkan atau menghapus admin grup.
  4. Membatasi akses pengguna dengan mengaktifkan fitur “restricted mode”.
  5. Memperbarui kebijakan grup dan aturan yang harus diikuti oleh anggota grup.

Telegram adalah aplikasi pesan instan yang populer di Indonesia dengan fitur keamanan dan kapasitas file yang besar. Namun, beberapa pengguna mungkin mengalami masalah diblokir oleh kontak mereka. Ciri-ciri Telegram diblokir seseorang termasuk pesan tidak terkirim, tidak bisa melihat status online dan foto profil kontak.

Telegram juga memiliki kelemahan seperti tidak sepopuler aplikasi lain, fitur video call terbatas dan tidak tersedia untuk panggilan telepon di beberapa negara. Dalam artikel ini, pengguna dapat mengetahui cara mengatasi masalah telegram diblokir dan bagaimana menghindari masalah ketika menggunakan aplikasi ini.

You May Also Like