Cara Mengatasi Laptop Yang Lemot

By | Desember 9, 2021
Mengatasi Laptop Lemot

Tuan Tekno Mengatasi Laptop Lemot laptop yang umurnya sudah lama kebanyakan performa laptop akan semakin menurun. Bahkan laptop tersebut untuk memperoses sebuah data bisa menjadi lama atau lemot.

Nah apabila permaslahan ini terjadi berarti kinerja laptop kita sudah mulai lemot atau melambat. Jangan terlalu untuk buru-buru mengganti dengan laptop baru, karena ada beberapa cara mengatasi laptop lemot yang bisa kita coba.

Sama seperti produk elektronik lain, laptop juga bisa mengalami penurunan performa, walaupun laptop kita sudah memiliki spesifikasi yang tinggi tetapi permaslaahan seperti ini wajar karena ada beberapa sebab atau hal.

Terlebih jika settingan pada laptop kurang maksimal. Hal ini merujuk pada beberapa laptop gaming terbaru saat ini yang sudah mulai banyak diberi pembekalan software performance management.

Mengatasi laptop lemot sangat penting bagi kita semua karena, permasalahan seperti ini memang sering terjadi dan juga bisa membuat kita mengambil tindakan cepat seperti menggati alat atau cuma memperbaiki software nya saja.

Bagi yang masih bingung bagaimana cara mengatasi permaslaahn tersebut, Tuan tekno akan memberikan tipsnya.

Penyebab dan cara mengatasi laptop lemot

1. Uninstall Aplikasi yang Tidak Diperlukan

Aplikasi tidak terpakai

Pengguna laptop kebanyakan hanya bisa menggunakan saja pada umumnya, terkadang kita juga sering menginstal aplikasi terbaru atau aplikasi yang viral. Apabila kita sudah banyak menginstal aplikasi akan membuat kapasitas penyimpan akan berkurang pada sistemnya.

Permaslah seperti aini akan berefek nantinya laptop kita bisa menjadi lemot. Solusi Utamya yaitu silahkan seleksi aplikasi mana yang tidak terpakai lagi. silahkan unintal aplikasi tersebut.

Misal sewaktu dahulu kita pernah memakai aplikasi edit video, tetapi aplikasi tersebut tidak pernah kita pakai lagi, nah ini lah yang perlu kita uninstal agar mengurangi memory yang terpakai pada sistemnya.

Baca Juga:   Beginilah Cara mudah Test Print Manual Tanpa Menggunakan Komputer

Intinya silahkan seleksi aplikasi mana saja yang memang tidak dibutuhkan dalam jangka waktu yang lama, jangan sampai kita uninstal besok nya kita masih membutuhkan.

2. Pakai Antivirus

antivirus laptop

Kebanyakan alasan klasik kenapa perangkat laptop menjadi lemot adalah ialah terkena virus atau malware. Sama seperti manusia, laptop juga bisa terkena penyakit yang berakibat pada menurunnya performa laptop.

Nah agar laptop tidak lemot karena serangan virus, langkah penanggulanginya bisa dengan memasang antivirus terbaik untuk menghilangkan segala macam virus. Dan pastikan untuk selalu mengeceknya secara rutin.

Terkadang virus ini datang tidak kita ketahui, sebagai contoh teman kita yang ingin copy file ke laptop kita menggunak flasdisk. Nah flasdisk tersebut belum tentu bersih ada bebrapa yang mengandung virus hal ini lah kita cegah agar tidak berpindah virus ke laptop kita kalau ada antivirus nya.

3. Pakai Aplikasi Sesuai Spesifikasi Laptop

spesifikasi laptop

Sebelum menggunakan laptop, Pengguna wajib tahu berapa spesifikasi laptop tesebut. Hal ini akan membantu kita untuk menilai apakah aplikasi yang ingin dimasukkan ke dalam laptop sudah sesuai dengan spesifikasinya atau tidak.

Sebagai contoh, apabila kita ingin menginsatal game berat seperti game petualangan, atau game perang. Nah game ini pasti membuat Ram atau prosesor pada laptop kita akan terkuras. Apalagi spesifikasi yang laptop standar hal ini biasa membuat menjadi lemot bahkan tidak bisa digunakan.

Solusinya carilah aplikasi yang sesuai dengan kemampuan laptop kita, jangan paksakan kalau memang tidak sangggup efeknya akan berakibat fatal.

4. Tambah Kapasitas RAM

Ram

Cara mengatasi laptop lemot lainnya ada pada penambahan RAM. Pada saat membeli laptop terkadang Kita membeli laptop yang lebih murah dengan RAM lebih rendah, misal 4 GB.

Baca Juga:   Laptop Tidak Bisa Mendeteksi Wifi dan Cara Perbaikinya

Ram sangat berpenagruh terhadap kinerja laptop. karena banyaknya aplikasi akan berpengaruh terhadap ram yang kecil.

Perlu diketahu jangan asal menambah kapasitas RAM, perhatikan spesifikasi RAM (RAM DDR3, atau RAM DDR3L, serta RAM DDR4) dan juga kapasitas maksimal RAM yang bisa diaplikasikan pada laptop kita.

Itulah Cara Mengatasi latop yang lemot, bagi kita yang sama kasus nya dengan diatas boleh diikuti ya. Semoga berhasil

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *